Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama-Nama Jenis Pohon dalam Bahasa Biak

jenis pohon

 


KEPULAUAN BIAK - NUMFOR yang meliputi dua pulau utama Supiori-Biak dan pulau Numfor menyimpan banyak jenis tumbuh-tumbuhan, flora dan fauna.  Orang Biak menamakan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan di pulau Biak dalam bahasa Biak. Di masa lampau berbagai jenis pepohonan menjadi sesuatu yang sangat penting sebab orang Biak bisa memanfaatkan berbagai pohon, kulit pohon dan daunnya untuk keperluan ekonomi dan kesehatan.   

Nama-nama pohon antara lain seperti : Barnasem, Babai, Sas, Inam, Kamor, Sambawo, Aibenyar, Marem, Ofsur, Ainus,Yaren, Moref, Anyar, Adai, Kabui, Ninai, Prus, Swai, Yuber, Mawes, Banas, Darmor, Anuisup, Parem, Mander, Ninai, Parem, Kor,  Kabau, Sner, Sasir, Idoi, Manim, Marsosen, Apuw, Sosir, Mansai, Sasir, Kor, Adun, Kor-sur, Anggep, Wamber, Mnai, Sam, Mansnan, Masosen, Manspai, Manpros, Sapyai, Bindus, Mandus, Sabaku, dan jenis-jenis lainnya. 

jenis pohon


Pemanfaatan kayu atau pohon sebagai sarana transportasi misalnya ada jenis-jenis kayu tertentu yang digunakan untuk membuat perahu. Orang Biak mengenal beberapa jenis perahu yang bahan dasarnya adalah kayu berkualitas. Perahu Wairon dan perahu Mansusu mengandalkan jenis-jenis kayu tertentu yang kuat dan tahan air. Kayu juga digunakan untuk membangun rumah tinggal, perabotan rumah tangga, alat dapur dan fungsi lainnya. 

Posting Komentar untuk "Nama-Nama Jenis Pohon dalam Bahasa Biak"